PLN Bengkalis Usung 3 Program Kelistrikan

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Bengkalis mensosialisasikan 3 program yang bakal, dan sudah diterapkan di tengah masyarakat. Ketiga program tersebut yakni, Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GSSS) atau yang lebih dikenal dengan istilah Go Grass, Pengelolaan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat (P2APST) dan listrik Prabayar.

Ada 3 yang harus dibayar pelanggan, yaitu penyambungan, instalasi dan pemeriksaan. Dalam sosialisasi itu ditekankan tentang harga dan juga simulasi harga yang ditanggung pelanggan.” Ujar Manager PLN Bengkalis, Yusuf Hadiyanto kepada Netro Riau Rabu (25/5).

Dicontohkan Yusuf, untuk daya 1300 VA, Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Bengkalis sepakat, pertitiknya pelanggan harus membyar Rp. 300 ribu kepada biro instalatir. Sementara pembayaran untuk konsuil tergantung daya yang dipakai pelanggan, perdayanya 93.500 rupiah. Sedangkan harga sambungan baru, sampai daya 2200 VA pelanggan harus memebayar Rp. 750 per VA dan di atas 2200 VA dan seterusnya, pelanggan membayar Rp. 775 per VA kepada PLN.

“Biaya pemeriksaan oleh konsuil yang pertama ditanggung pelanggan, tergantung daya. Konsoil memeriksa harus ada pernyataan dan instalasi tidak layak, maka konsoil akan memberi rekomendasi kepada pelanggan apa yang akan diperbaiki. Jika gagal terus, maka beban biaya ditanggung instalatir,”terangnya.

Di Bengkalis, tambah Yusuf , ada lebih 20 biro instalatir. Jika biro menawarkan biaya lebih dari yang ditetapkan. yusuf menyarankan pelanggan mencari biro lain, agar biaya yang ditetapkan kepada setiap calon pelanggan baru sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

“Jika ada biaya di atas itu, cari saja biro lain. Di Bengkalis ada lebih 20 biro. Sebenarnya masyarakat bisa menakar sendiri biaya pemasangannya. itu tergantung berapa titik instalasi yang akan dipasang,”katanya.

Selain itu dengan adanya program GSSS ini jumlah daftar tunggu diharapkan berkurang. Ternyata harapan itu menjadi kenyataan. dari daftar tunggu yang mencapai 6350 di awal tahun 2011, berkurang menjadi 3289.

“Memasuki tahun 2011 ada 6350 daftar tunggu. Setelah berjalannya program GSSS, terlayani 3061 pelanggan. Dengan demikian jumlah daftar tunggu tinggal 3289,” ungkapnya mengakhiri.(alfis)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s